Monday, November 7, 2016

Istri Peroleh Pahala Besar Jika Lakukan 4 Hal Ini di Malam Jumat

Kabarmuslimah - Sebagai seorang istri, sudah seharusnya kita mengetahui apa kewajiban kita terhadap sang suami. Setelah menikah, maka ridho suami sangatlah penting sehingga kita harus bisa memenuhi segala kebutuhan suami sebagai pengabdian kita pada imam keluarga.




Istri Peroleh Pahala Besar Jika Lakukan 4 Hal Ini di Malam Jumat

Berikut ini adalah 4 hal yang harus dilakukan istri untuk suaminya di malam Jumat:

1. Mengajak suami membaca surah Al-Kahfi
Sebuah hadits menjelaskan bahwa barang siapa yang membaca surah ini di malam Jumat maka akan dipancarkan cahaya antara dirinya sampai baitul Atiq. Sebagai seorang istri, sudah sepatutnya kita saling mengingatkan untuk meneladani sunnah Rasul dan melakukan perintah-Nya, maka selalu ajaklah suami dan keluarga menuju kebaikan. Luangkanlah waktu untuk membaca surat ini bersama suami agar keutamaannya berlipat. Dan untuk beribadah atau beramal kita bisa melakukannya kapan saja.

2. Melayani suami dengan penuh kasih sayang
Sebuah hadits meriwayatkan bahwa hubungan suami istri adalah sedekah. Seorang sahabat bertanya apakah jika mereka mendatangi istrinya dengan syahwat akan mendapatkan pahala. Rasul pun menjawab bahwa jika kita mendatangi mereka yang diharamkan maka kita akan mendapatkan dosa sehingga jika kita melakukannya pada yang halal akan mendapatkan pahala. Sementara, keutamaan melakukan hubungan ini di hari Jumat juga dijelaskan dalam sebuah hadits yang mengatakan bahwa barang siapa yang mandi di hari Jumat, membersihkan dirinya dan segera pergi ke masjid dengan penuh kesungguhan saat mendengarkan khutbah maka setiap langkah menuju masjid mendapatkan pahala sebagaimana pahala setahun, yakni pahala puasanya dan shalat malamnya. Namun, mandi sebelum shalat ini tidak selalu harus di awali dengan berjima’.

3. Mengajak suami membaca shalawat
Keutamaan dari membaca shalawat telah diterangkan dalam sunnah Rasulullah dimana jika kita melafalkan shalawat pada hari Jumat maka kelak kita akan menjadi orang yang paling dekat dengan Rasulullah di surga. Jika seorang istri membaca shalawat untuk dirinya sendiri maka ia akan mendapatkan keutamaan bagi dirinya sendiri. Tapi, jika kita mengajak suami untuk membaca shalawat maka kita dapat mengamalkan sunnah Rasul bersama sehingga akan menambah pahala kita. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk mengingatkan suami dalam melafalkan shalawat kepada Nabi. Tidak hanya untuk hari Jumat, tapi sepanjang waktu.

4. Membangunkan suami untuk shalat tahajud
Shalat Tahajud memiliki keutamaan yang besar untuk dilakukan. Shalat seorang diri saja sudah merupakan amalan yang luar biasa. Apalagi, jika kita mengajak orang lain untuk melakukan amalan ini. Sebagai keluarga, kita harus bisa saling mengajak dalam kebaikan agar keluarga ini bisa selamat hingga hari akhir kelak. Untuk itu, saat kita terbangun di tengah malam dan hendak melakukan shalat qiyamu lail maka bangunkan juga sang suami agar kita bisa shalat berjamaah. InsyaAllah keluarga ini akan mendapatkan rahmat dari Allah.

Sebagai seorang istri, taati suami, ada surga bagi para istri. Untuk itu, jagalah keluarga Anda di dalam kebaikan berdasarkan Al-Qur’an dan hadits. Saling mengingatkan dalam kebaikan sangatlah dibutuhkan karena sebagai manusia biasa, pastinya kita juga merasakan keimanan yang naik turun.

No comments:

Post a Comment